Tuesday, December 20, 2011

Urus Akta Kelahiran


Ini pengalaman saya pribadi waktu mengurus akta kelahiran buat putra saya yg baru lahir di RSUD nganjuk, kebetulan sekali saya sendiri aslinya dari Sidoarjo dan nikah dng gadis asal nganjuk...(bunga desa neh)...fufufufuuu.
Nah ternyata mengurus akta kelahiran gampang2 sulit, sulitnya krn pd akhir thn 2011 ini telah diberlakukan peraturan baru di dinas kependudukan dan catatan sipil Nganjuk, mudahnya adl krn putra saya yg blm genap 2 bulan saya uruskan aktanya...shishishiiii *maklumbarusajajadiayah

Ternyata utk buat akta d kota Nganjuk cukup mudah, berikut cara dan syarat2nya :

1. Minta dulu surat pengantar RT/RW ditempat sobat(sebenarnya sesuai kebutuhan, kadang ada kelurahan yg minta surat RT/RW dan kadang ada yg tdk minta, kl daerah werungotok seh ga diminta...hehehe)
2. Copy surat nikah suami istri dan minta legalisir ke KUA(@2lembar)
3. Lalu minta blangko di dispendukcapil dan bawa blangko tersebut ke kelurahan, lalu mintalah kpd petugas di kelurahan utk membuat surat keterangan lahir anak sobat(dari sini surat RT/RW diminta tp ya itu td sesuai daerah masing2, kadang diminta kadang ngga')
4. Setelah surat keterangan lahir dr kelurahan jadi lengkapi dan kumpulkan jadikan 1 dng :
- blangko dr dispendukcapil(jng lupa blangkonya di isi jg)
- copy ktp sobat+istri/suami(@1 lembar)
- copy ktp 2 saksi, boleh ortu/mertua/tetangga yg msh 1 desa(@1 lembar)
- copy KK, bisa nebeng mertua/ortu. lbg baik lg punya KK sendiri(@1 lembar)
- surat keterangan lahir dari bidan/RS yg asli dan copy 1 lembar
- copy surat nikah yg sdh d legalisir tadi dan
- map warna merah

Jika sudah lengkap semua jepret jd 1 dan sobat bisa langsung meluncur ke TKP yaitu dispendukcapil nganjuk...tepatnya di jln apa getu...saya lupa krn bkn org asli nganjuk...hahahaha
Nah kl sudah sampe sana, langsung aja masuk ke bagian dalam jng nunggu di depan sambil merokok lho(kata emak tb ga baek tuh buat kesehatan...bhaahahahaaa), dan kumpulkan map tadi di bagian penerimaan dan sobat bisa menunggu dipanggil
Kl sobat dah dpt panggilan, biasanya disuruh utk mencarikan NIK utk si anak d bagian belakang...saya lupa nama ruangannya krn g ada namanya...hehehehe
Setelah sdh mendapatkan NIK maka kumpulkan lagi map tsb d bagian depan dan tunggu panggilan lagi, dan jika sudah d panggil sobat akan mendapatkan tanda terima utk ambil akta tsb(biasanya 1 bulan) dan jng lupa siapkan uang receh 10ribu utk kas/administrasi, dng demikian maka selesai sudah tugas sobat utk mengurus akta kelahiran :)

semoga posting ini bermanfaat dan selamat mengurus utk sobat sekalian yg baru saja punya momongan, sekedar info mulai 2012 akan d berlakukan denda 700 ribu-1 juta bagi yg terlambat bikin akta kelahiran :)

8 komentar:

Obat Tradisional Jantung Koroner said...

sebagai warga negara yang baik memang sudah seharusnya segera mendaftarkan kelahiran,,agar hak-hak anak kelak diakui

xamthone said...

gampang-gampang susah yah ..
hehe\
tapi tatap demi anak apa boleh buat ..
ia kah >???
ssalam kenal .

obat herbal xamthone plus said...

caranya lumayan juga ya.. hehehe

ninik said...

beNAr SekaLi pak, jamaN Saya duLu gk ada akte jdi jaraNg oraNg puNya akte keLahiraN, eh SekaraNg paS butuh akte buat pemberkaSaN CPNS biNguNg dech, maNa Lama puLa proseSNya 6buLaN, haruS SidaNg cari SakSi....
haduh haduh

yoedhas flyingdutchman said...

hehehe,,,bakal jadi calon ayah juga nih saya,,,hehehe

Pusat Media Promosi dan Iklan Online said...

info bermanfaat...
tks sob.
selamat berkarya

anggirocker said...

mksi infonya kunjung balik

Taufick Max said...

Anda Pusing Mikirin Skripsi ? Kini anda tidak peru bingung dan Pusing lagi. dapatkan 500 Judul Skripsi Teknik Sipil secara gratis.

Jika anda berminat silahkan kunjungi Blog kami dibawah ini. Di Zamin Skripsi anda akan tuntas dan selesai dengan cepat

Baca Selengkapnya

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, blog ini sudah dofollow