Wednesday, August 3, 2011

5 Makanan Pembakar Lemak

Sudah olah raga dan senam  tetapi lemak di perut dan sekitarnya tak mau hilang juga? Selain latihan, coba barengi dengan makanan pembakar lemak berikut ini. Lemak membandel pun akan segera pergi dari bagian tubuh Anda. Mau coba?

Ternyata tak cukup latihan fisik saja untuk bisa meluruhkan lemak, khususnya di sekitar perut dan pinggul. Menambah asupan makanan tertentu ternyata dapat membantu membakar lemak tubuh lebih cepat. Makanan apa saja sih yang dapat membantu tubuh membakar lemak? 


Makanan yang mengandung protein dan serat tinggi adalah makanan yang paling baik membantu mempercepat pembakaran lemak di sekitar perut dan pinggul. Mengapa demikian? Karena diperlukan energi lebih dalam memproses protein dibandingkan memproses lemak. Jadi, semakin banyak protein yang masuk dalam tubuh semakin tinggi juga kalori yang dibakar oleh tubuh.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang membantu mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh:

1. Telur
Banyak orang bilang kalau mengkonsumsi banyak telur tidak baik untuk kesehatan. Sebenarnya karena telur memberikan kolesterol yang lebih dari yang seharusnya. Tapi beberapa penelitian menunjukkan kalau diet kolesterol justru mempunyai resiko yang sangat kecil terhadap kolesterol dalam darah jika dibandingkan diet lemak. Diet lemak justru meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Karena kandungan protein dalam telur sangat tinggi makanya telur dapat membantu membakar lemak dalam tubuh khususnya daerah perut dan pinggul. Tapi kalau Anda masih khawatir akan efek negatifnya, Anda tetap dapat memakan telur dengan menyingkirkan kuningnya. Sehingga asupan protein pun masih tetap bisa Anda dapatkan. Telur juga mengandung vitamin B12, suplemen yang baik untuk menghancurkan lemak.

2. Produk Susu Olahan Rendah Lemak

Berdasarkan beberapa penelitian, wanita yang mengkonsumsi produk susu olahan rendah lemak seperti nonfat yoghurt dan susu rendah lemak tiga sampai empat kali sehari dapat mengurangi lemak hingga 70% dibandingkan dengan mereka yang diet produk susu olahan.

3. Kacang
Meskipun kacang sering dikaitkan sebagai penyebab gangguan pencernaan, ternyata kacang juga menjadi sumber protein, serat, dan juga zat besi yang sangat baik untuk tubuh. Sebut saja kacang merah, kacang tolo, atau kacang hijau. 

Kalau bingung jenis kacang apa yang sebaiknya dikonsumsi, coba saja mengkonsumsi edamame atau kedelai segar. Kacang kedelai Jepang ini sangat baik untuk tubuh. Selain rasanya enak, kandungan proteinnya juga tinggi.

4. Oatmeal
Mungkin oatmeal bukan makanan yang enak dimakan begitu saja, tapi oatmeal memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Mungkin Anda sudah sering mendengar kalau oatmeal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat larut yang membantu melunturkan kolesterol keluar dari tubuh Anda.

Oatmeal yang paling baik adalah yang tanpa rasa dan tanpa pemanis alias tawar. Jangan pernah menambahkan mentega, gula, atau perasa ke dalam oatmeal karena semua manfaat oatmeal akan hilang. Supaya tidak bosan, tambahkan sedikit potongan buah-buahan ke dalam oatmeal.

5. Minyak Olive 
Jenis lemak tertentu sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, contohnya saja minyak olive. Minyak ini termasuk ke dalam lemak yang baik untuk tubuh karena dapat membakar lemak dalam tubuh dan menjaga kolesterol Anda dalam keadaan normal. Minyak Olive  ini mengandung banyak lemak tak jenuh ganda, salah satu jenis lemak yang dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Nah, ingin memiliki tubuh indah tak perlu menyiksa tubuh dengan tidak makan sama sekali atau diet ketat tanpa aturan. Tapi justru perhatikan makanan yang dimakan agar membantu proses pembakaran lemak dengan diselingi olah raga yang teratur. Selamat mencoba!

4 komentar:

dikka said...

this a great information

Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

@dikka : thanx's bro :)

RIsMa SMKDA said...

Hahahha... ya nanti ta rekomendasikan sama teman ku yang bebadan gemuk... hahaha...^^

Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

@risma : hahaha...sista bs aja neh :)

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, blog ini sudah dofollow