Monday, October 24, 2011

Info n Data


(Maaf bukan promosi merk tertentu, cuma sangat luar biasa saja... jadi pengin share...)

Apple saat ini bisa dikatakan sedang mandi uang dimana hampir semua lini produk mereka menghasilkan milyaran dolar. Berbanding terbalik dengan saat dimana mereka hampir bangkrut 14 tahun lalu sebelum Steve Jobs datang menjadi CEO interim tahun 1997. Berikut ini adalah 5 sumber terbesar pendapatan Apple sepanjang 2011.

1. Cina
Banyak dari pertumbuhan penjualan Apple berasal dari bisnis mereka di Cina. Tahun 2009, Cina menyumbangkan 2% dari total penjualan Apple dan hanya butuh 2 tahun untuk meningkatkan nilai tersebut menjadi 12% di tahun fiskal 2011. ''Saya tidak pernah melihat sebuah negara dengan banyak penduduknya yang naik ke kelas ekonomi menengah sangat berhasrat untuk membeli produk-produk buatan Apple,'' kata CEO Apple Tim Cook. Selain Cina, Brazil juga menyumbangkan nilai penjualan yang besar untuk Apple. Tidak kurang dari 900 juta dolar disumbangkan Brazil untuk kas Apple.


2. iPad
Meski penjualan iPad lebih rendah dari yang diprediksikan, tetapi secara umum penjualannya masih sangatlah kuat. Apple secara total telah menjual lebih dari 40 juta unit iPad sejak pertama kali diumumkan tahun lalu. ''Kami telah melihat banyak kompetitor masuk untuk bermain di pasar tablet dan berkompetisi dengan iPad berulang-ulang kali. Saya pikir sangat beralasan kalau saya berkata mereka gagal menarik minat pasar.'' CEO Apple, Tim Cook.

3. iPhone
Kuartal 3 ditutup dengan 17 juta unit iPhone terjual, turun dibanding kuartal 2 yang berkisar 21 juta unit. Meski demikian, penurunan ini terbilang sangat wajar karena calon pembeli menunggu untuk membeli model iPhone baru. Terbukti kalau iPhone 4S laris manis di pasaran. Tidak kurang dari 4 juta unit terjual di 3 hari pertama ketersediaan smartphone tersebut di pasaran.

4. Mac
Penjualan Mac sepanjang kuartal tiga juga terbilang memuaskan. Dengan 4,89 juta unit terjual, Apple mencatatkan rekor internal untuk penjualan komputer Mac.Tim Cook juga sangat puas dengan pertumbuhan Mac sebesar 48% dibanding tahun lalu ditengah pasar komputer yang sedang stagnan saat ini.

5. Disc Drive
Tim Cook terlihat sangat optimis mengenai kemampuan Apple untuk terus menjaga permintaan terhadap produk nya, meski dia mengatakan kalau banjir di Bangkok minggu lalu sedikit banyak akan menyebabkan berkurang nya stok pasokan disc drive di seluruh dunia.

Secara detail nya, inilah total pendapatan Apple kuartal tiga lalu :
$28,27 milyar pendapatan Apple – naik dari $20,34 milyar tahun lalu
$6,62 milyar keuntungan bersih - naik dari $4,31 milyar tahun lalu
$108 milyar pendapatan total untuk tahun fiskal 2011 - naik 66% dibanding tahun lalu
40,3% marjin kotor - naik dari 36,9% tahun lalu
63% penjualan berasal dari pasar internasional
17,07 juta iPhone terjual - naik 21% dari tahun lalu
11,12 juta iPad terjual - naik 166% dari tahun lalu
4,89 juta Mac terjual - naik 26% dari tahun lalu
6,62 juta iPod terjual - turun 27% dari tahun lalu
$81,6 milyar - total uang tunai di kas Apple

Statistik lainnya tentang Apple hingga kuartal tiga :
18 milyar aplikasi telah di download dari App Store
180 juta buku telah di download dari iBookStore
6 juta OS X Lion telah di download sejak dirilis Juli lalu
16 milyar lagu telah didownload dari iTunes Store
Lebih dari 70% pasar iPod berada di Amerika
Lebih dari 500.000 aplikasi berada di App Store
Ada 357 Apple Store di seluruh dunia dan akan bertambah 40 lagi di kuartal 4
77,5 juta orang mengunjungi Apple Store di kuartal 3
Rata-rata Apple Store menyumbangkan $10,7 juta pendapatan ke Apple per toko

*kapan giliran kita ?

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, blog ini sudah dofollow