Friday, November 18, 2011

LED Vs Neon


Lampu neon merupakan teknologi yang lama, dan sangat berhubungan dengan seni dekorasi pada tahun 1920-an dan 1930-an. Lampu neon bekerja dengan cara memanaskan gas dalam tabung kaca berongga, komposisi gas dapat menciptakan berbagai macam warna, dan memungkinkan cahaya yang telah dibentuk dalam berbagai warna. Sedangkan LED(light emitting diode) lebih baru dan menguntungkan dalam konsumsi daya yang rendah dan umur lebih lama dibandingkan dengan lampu neon.

Fakta
Lampu neon adalah sama dengan lampu pijar dalam hal konsumsi daya dan output cahaya. Pencahayaan LED lebih terang dan hemat bahkan lebih hemat dari lampu neon, dalam beberapa kasus hanya membutuhkan daya sepersepuluh watt untuk output cahaya yang hampir mirip dengan lampu neon atau sama dengan sumber cahaya.

Sejarah
Lampu neon pertama kali diciptakan pada tahun 1910 oleh Georges Claude dari Perancis, penggabungkan gas neon ditemukan pada 1898, dengan tabung gelas yang sempit. Neon dikenalkan secara komersial pada tahun 1915, oleh 1950-an, penggunaan ikon neon di Amerika dipertunjukan di Times Square di New York City dan di sepanjang Las Vegas Strip, membuat lampu neon bagian penting dari desain waktu itu. Teknologi LED ditemukan pada tahun 1907, tetapi penelitian ilmiahnya tdk dilakukan secara serius sampai pada tahun 1960, ketika LED merah diciptakan. Warna tambahan ditambahkan ke spektrum LED dalam beberapa tahun mendatang, hingga tahun 1995 diciptakan lampu LED putih.

Pencahayaan yang membutuhkan hingga 30 persen dari anggaran energi negara, dengan banyaknya penggunaan lampu pijar dan neon yang lebih lama dan  kurang efisien. Penggunaan teknologi baru, seperti lampu neon dan LED, dapat membuat sumber cahaya terang dengan konsumsi yang jauh lebih hemat energi. Selain itu, kedua jenis lampu baru ini memiliki waktu hidup lebih lama daripada lampu pijar, dan neon mengurangi limbah dan kebutuhan ruang TPA ketika mereka tidak lagi digunakan.

Fitur
Lampu neon, tidak seperti lampu pijar, dibuat dengan memanaskan bagian dari dalam bola lampu; lampu pijar menghasilkan cahaya dengan pemanasan logam, sementara neon bekerja dengan memanaskan gas. Keduanya memang lebih terang dan cahaya dari lampu fluorescent yang khas dan pencahayaan LED. LED, di sisi lain, dapat membuat pencahayaan lebih terang tanpa menciptakan panas limbah, dan dengan konsumsi energi lebih rendah.

Ukuran
Lampu neon terbuat dari tabung kaca yang sempit dan mudah sekali pecah mereka memerlukan signage untuk dibuat dalam kemasan pelindung besar. Lampu LED jauh lebih kecil dan lebih kokoh dan dapat dikemas dalam tempat yang jauh lebih kecil.

2 komentar:

Sitti Rasuna Wibawa said...

Ooo baru tahu...
Aku tahu LED karena dlu belajar elektro~ -,-

Berbagi Ilmu Pengetahuan said...

@sitti : wow...pernah belajar elektro jg ya sist...heheheheee :D

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, blog ini sudah dofollow